Kamis, 07 Februari 2013

Robot-Robot Jepang Yang Mengagumkan

Robot-Robot Jepang Yang Mengagumkan

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang.

Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput. Nah, kawan-kawan berikut ini ada salah satu dari ribuan robot yang telah di produksi oleh Jepang, Robot-robot ini sangat mengesankan dan mengagumkan. :)


1. Robot Minami (Ekspresi Wajah)





Sebuah robot humanoid wanita yang dapat meniru berbagai ekspresi wajah menghibur para pengunjung di sebuah department store di Osaka, Jepang barat pada hari Jumat, dengan menanggapi berbagai pertanyaan yang telah disiapkan sambil mengubahberbagai ekspresi wajahnya dan berkedip.


Robot setinggi 160 cm yang diberi nama Minami tersebut, menyerupai wanita berusia 20 tahunan mengenakan sweater kuning dan syal, ia berkata, “Saya suka mencari tempat-tempat menarik, tetapi kurang dikenal di Osaka,” dalam menanggapi pertanyaan tentang hobinya yang diberikan pada panel sentuh di outlet Takashimaya.





Minami mengambil model dari wanita nyata. Ia bisa tersenyum, cemberut atau menunjukkan berbagai emosi lainnya dengan cara menyesuaikan kulit silikonnya dengan tekanan udara.


Minami ditemani oleh android pria yang mengambil model dari Profesor ahli robotika Hiroshi Ishiguro dari Osaka University. Hiroshi mengembangkan android wanita tersebut. Kreasi terbaru dari Hiroshi berbicara ketika orang-orang terdeteksi melalui berbagai kamera dan sensor yang dipasang di sekitarnya. Androidpria tersebut menjelaskan bahwa Minami bisa mengadakan percakapan dengan memindai berbagai ekspresi wajah dan gerak tubuh orang-orang dengan berbagai mikro-kamera dan sensor dan menilai situasi.


para pengunjung menggunakan panel sentuh untuk memberi salam pada Minami. Minami menjawab bahwa ia senang bertemu mereka.


2. Robot Power Loader






Setelah pengembangan selama beberapa tahun lamanya, sebuah robot amplifikasi baru yang diciptakan oleh perusahaan Jepang bernama Activelink yang merupakan anak perusahaan dari Panasonicmembawa kita semua selangkah lebih dekat menuju mecha anime sesungguhnya. Robot ini dapat membantu kerja kita seperti mengangkat beban berat dengan hanya membutuhkan sedikit tenaga, hingga membereskan kekacauan di sebuah kecelakaan nuklir.


3. Robot Mannequin



Sebuah Departement Store di Tokyo, Takashimaya bekerja sama dengan Dr.Hiroshi Ishigurodari Universitas Osaka untuk merancang suatu konsep baru dalam promosi menggunakan sebuah robot mannequin yang dipajang di depan toko nya untuk menarik para pebelanja disana. Robot Mannequin ini digunakan dalam rangka promosi hari raya Valentine besok, seperti yang anda lihat dibawah ini, mannequin ini sangat menyerupai orang asli.





Dr. Ishiguro memang dikenal sebagi pembuat Gemonoid Robot, dimana dia suka memproduksi robot yang menyerupai manusia aslinya. Kerjasamanya dengan Takashimaya merupakan yang pertama kali nya dalam hal komersial.





Dr Ishiguro berkomentar “Saya melihatnya sebagai Shop Display di masa depan” sebari menunjuk kepada mannequin tersebut. Di kaca depan Display dimana robot ini berada terdapat tulisan “Android Falls in Love? She is Waiting for you” yang memberikan kesan bahwa robot ini berbentuk nyaris seperti nyata. dibawah ini adalah video dari robot mannequin tersebut:





Robot ini memiliki 60 ekspresi dan perputaran dalam 4 emosi utama yang diprogram. dan robot mannequin ini pun terkoneksi dengan Kinnect System dan Facial Recognition Software dimana dia dapat bereaksi dan bergerak ke orang-orang yang mendekatinya.








Dr Ishiguro memberitahukan bahwa dia mempunyai kemungkinan ke depannya ” Saya ingin untuk meng aplikasikan ide ini ke New York dan mempublikasikan nya di toko-toko mewah disana.”











Tidak ada komentar:

Posting Komentar