Kamis, 07 Februari 2013

Mengakses internet sesuai dengan prosedur


1. PENYAMBUNGAN INTERNET MELALUI ISP

Internet merupakan jaringan global yang menghubungkan komputer satu dengan komputer yang lainnya. Dalam menghubungkan antar komputer, ada prosedur-prosedur yang harus kita lakukan. Prosedur-prosedur atau langkah-langkah yang harus kita lakukan sebelum mengakses internet adalah sebagai berikut :

A. Menginstall Modem

Modem terdiri dari dua jenis, yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang terdapat didalam CPU, tepatnya pada mainboard. Sedangkan modem eksternal adalah modem yang terdapat di luar CPU, modem ini terpisah dengan mainboard. Modem itu sendiri mempunyai kepanjangan MOdulator DEModulator, yang artinya mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, dan sebaliknya, mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.

Dari segi fungsinya, modem terbagi menjadi menjadi beberapa type, yaitu modem DSL dan modem ADSL. Modem DSL mempunyai kepanjangan Digital Suscriber Line, sedanggan modem ADSL mempunyai kepanjangan Asymmetric Digital Suscriber Line. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi. Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.

ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics. ADSL merupakan sebuah tipe DSL dimana upstream dan downstream berjalan pada kecepatan yang berbeda. Dalam hal ini, downstream biasanya lebih tinggi.

Konfigurasi yang umum memungkinkan downstream hingga 1,544 mbps (megabit per detik) dan 128 kbps (kilobit per detik) untuk upstream. Secara teori, ASDL dapat melayani kecepatan hingga 9 mbps untuk downstream dan 540 kbps untuk upstream.

ADSL Adalah sebuah teknologi DSL yang menyalurkan data lebih cepat untuk downstream dari pada upstream. Kecepatan downstream maksimal adalah 8MBps sementara upstream tercepat adalah 640Kbps. Koneksi ADSL baik hingga jarak sekitar 5Km dari STO terdekat melalui kabel telephone tembaga.


Cara Mengistall Modem
Pasang modem pada komputer (PC / Laptop / Notebook / Netbook)
Masukkan CD driver modem ke CD ROM computer
Buka CD driver tersebut melalui explorer
Pilih menu install
Pilih type dan jenis modem
Click nex… dan seterusnya sampai proses penginstallan selesai
Click finish.

B. Koneksi ke ISP

Perusahaan jasa layanan internet disebut dengan Internet Service Provider (ISP). ISP yang ada di Indonesia tergabung dalam Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
Karena banyaknya ISP di indonesia, maka kita perlu memilih ISP yang memberikan layanan terbaik dan cocok. Kriteria yang perlu diperhatikan adalah :

Kecepatan Transfer data
Kecepatan transfer data sangat tergantung pada kecepatan data dari provider yang digunakan. Satuan kecepatan transfer data adalah bit per second (bps). Di Indonesia menggunakan modem dengan kecepatan 28,8 kbps, 33,6 kbps atau 56 kbps. Tetapi kecepatan jaringan telepon yang ada di indonesia masih berkisar 9,6 kbps hingga 28,8 kbps.

Bandwith
Bandwith adalah lebar satuan data yang dilewati secara bersama-sama oleh data-data yang di transfer dalam waktu yang sama.

Memiliki Server Proxy
Server proxy berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pelanggan. Dengan adanya ini pelanggan dapat mengakses web-web favoritnya dengan lebih cepat.

Memiliki Backbone
Backbone adalah saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet. Kebanyakan ISP menyewa backbone dari perusahaan lain atau menggunakan bersama-sama dari ISP lain.

Keamanan Data
Transaksi internet rawan terhadap pembajakan, kita perlu tahu apakah ISP menggunakan firewall untuk menjamin keamanan traksaksi. Online yang kita lakukan atau tidak.

Layanan yang di berikan
Kita perlu mengetahui layanan yang diberikan oleh ISP, yaitu : Accound email, Besarnya accound email, Besar ISP, Pendukung POP3, Spam Filter, dsb.

Biaya
Beberapa ISP memberikan pilihan pembayaran dengan menggunakan sistem paket dan sistem pemakaian.

Hardware
Kita perlu mengetahui banyaknya modem yang digunakan oleh ISP, berapa kecepatan modem yang digunakan, dan berapa rasio pelanggan per tiap modem.

Teknologi yang digunakan
Teknologi apa saja yang dimilki ISP, saat ini tekologi konpres data memungkinkan transfer data menjadi lebih cepat. Apakah ISP didukukung oleh teknologi ini atau tidak.
Apabila kita telah menentukan ISP yang akan kita gunakan untuk megakses internet, langkah selanjutnya adalah menghubungkan komputer kita ke ISP tersebut. Misalnya kita akan memilih layanan ISP dari Telkom, maka langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Pastikan modem sudah terpasang/terhubung pada komputer dengan baik.
Click tombol start pada taskbar
Click Control panel
Click double pada network connection / network and sharing centre
Click kanan pada Local Area Connection
Click ENABLE

Setelah kita mengaktifkan jaringan internet tersebut, maka akan muncul lambing pada sebelah kanan taskbar, maka internet pada komputer kita sudah terhubung. tetapi jika lambang berarti jaringan internet belum terhubung.
Jika jaringan internet belum terhubung padahal kita sudah mengaktifkannya, berarti ada sesuatu yang belum di seting dengan benar. Jika demikian, kita perlu mengambil tindakan dengan segera. Tindakan yang harus kita lakukan adalah membuka jendela Control Panel, lalu ubah setingan pada bagian-bagian berikut ini.
Internet option
Network connection (Internet Protocol / IP)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar