Kamis, 07 Februari 2013

Demi Keamanan, Gunakanlah Email Encrypted !


Bagi kebanyakan dari kita, pesan email yang di kirim tidak akan tergolong sensitif apalagi dikirim dari sebuah Website, Facebook dan info beberapa lainnya.

Tapi terkadang, mengirimkan informasi sensitif kepada teman adalah sebuah pekerjaan yang harusnya tak ada yang tau termasuk paspor atau nomor kartu kredit atau lainnya terhadap teman-teman, keluarga, Pacar dan selingkuhan Anda, ketika mengirim Informasi sensitif mungkin kita selalu melalui Email dan harusnya tak ada yang tau dari luar, akan tetapi seiring dengan pintarnya manusia sekarang banyak para scammer, hacker mencuri atau membaca semua isi pesan anda baik inbox dan Outbox.

Pesan email Standar dikirim yang kita pakai adalah dalam teks biasa, sehingga mungkin orang lain untuk bisa mengintip pada pesan melalui cara lain dan akan membacanya. Email tanpa enkripsi sama seperti kartu pos. Bisa dibaca saat dikirim atau bisa dirubah oleh pihak lain. Mengirim email yang isinya sensitif sebaiknya tidak berupa cleartext (tidak dienkripsi). Akan tetapi, demi melindungi dari mata dan tangan jahat maka diperlukan untuk melakukan Eskripsi Email demi mengamankan informasi sensitif yang terkirim dan di Inbox.

Kita tahu, bahwa Email merupakan mekanisme tidak aman untuk pengiriman pesan yang sensitif. Jutaan orang jahat yang selalu mencuri apa saja dari Email, Masalah akibat itu sangatlah sederhana karena biasanya pesan email yang dikirim selalu dalam plain-text format dan algi pula Server email tidak berusaha untuk melindungi isi email secara default.

Ketika mengirim Email terhadap seseorang, kita sering menggunakan Format text atau teks biasa. Bahanya disini adalah bahwa Teks biasa dapat dilihat oleh siapa saja. Ini tentunya sangat membahanyakan ketika kita mengirim sebuah Emai yang sensitif atau rahasia antara kita dan pasangan.

Nah..Jika Kita menginginkan kerahasian Informasi pribadi, atau Jika kita akan memastikan privasi untuk email , maka seharunya pengguna Emaill harunya tidak dapat mengirim dengan teks biasa. Dengan melindungi privasi saat di Email ada cara untuk menjadi aman yaitu dengan melakukan Eskripsi Email atau Email Encrypted.

Metode peng-eskripsi Email ada beberapa cara untuk melakukan hal tersebut. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan sedikit tambahan perangkat lunak atau softwear yang dihubungkan ke klien email yang ada, seperti Microsoft Outlook atau Mozilla ThunderbirdDan masih banyak juga diluar sana yang menawarkan produk-produk mereka untuk meng-eskripsi Email, Namun hanya ini yang biasanya diandalakan oleh para pemakai Email.

Akan tetapi, ketika menggunakan Eskripsi Email harusnya si penerima atau teman kita harus mempunyai atau memiliki ID digital sipengirim untuk memecahkan kode. Jika tidak, Enkripsi pesan e-mail di Microsoft Office Outlook maka setiap penerima tanpa kunci ID privatnya akan melihat teks yang kacau dan kemungkinan besar tak tahu membacanya atau jika tidak tahu ID Digitalnya, maka penerima mendapatkan email yang kemungkinan besar tak akan dapat dibuka atau jikapun bisa dibuka maka karakter kata yang acak-acakan yang tanpa makna.

Untuk itu, orang yang menerima email harus memiliki software yang serupa diinstal pada komputernya sehingga dapat menggunakan ID Digital pengirim untuk ‘membuka’ email dan membacannya. Tetapi bisanya Micrsoft Outlock ketika kita ingin mengirim Email pesan terenkripsi ke penerima yang konfigurasi e-mail tidak mendukung enkripsi, Microsoft Outlook akan memberitahu dan menawarkan pilihan untuk mengirim pesan dalam format tidak terenkripsi. Tetapi Softwear lainnya tak melakukan hal itu, ada baiknya jika menggunakan Softwear lain kita harus ajak bekerjasama dulu demi mengamankan informasi sensitif yang akan dikirim melalui Email.

Gunakanlah Email tereskripsi demi keamanan di Dunia Maya. Terenkripsi’ berarti kriptografi kompleks yang digunakan untuk membuat pesan tak terbaca dari tangan jahil(orang-orang seperti Google, Microsoft dan Yahoo) ketika pengiriman sedang berjalan di awan menuju sasaran. Perusahaan yang menawarkan Email Aman oleh penyedia online biasanya tidak dienkripsi saat itu disimpan atau saat dalam perjalanan untuk pengiriman, jadi tanpa mengenkripsi email maka para hacker atau tangan jahil lainnya mungkin bisa membaca pesan pribadi dan akan meyebarkannya.

Enkripsi email akan dapat menyimpan informasi pribadi yang sensitif, baik perusahaan, personal dan lainnya. Encrypting email juga salah satu peningkatan keamana terbesar yang akan dapat membuat pengguna Email tetap tak ragu dalam pengiriman pesan sensitif .

Email adalah teknologi fantastis, tapi perlu berhati-hati tentang bagaimana cara menggunakannya supaya aman dan terkendali dari tangan atau mata jahil. Jadi jika mengguakan Email setidaknya harus mempertimbangkan enkripsi email sebagai cara untuk menjaga data pribadi. Baik itu di Gmail, YahooMail dan Lainnya. Ini hanya keamanan data pribadi dengan teman, keluarga, sahabat, klien dan lainnya. (www.kompasiana.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar